Tanti Disinii ^^

BoA ProfiLe =)

BoA (권보아 Kwon, Boa; lahir di Gyeonggi, Korea Selatan, 5 November 1986; umur 24 tahun) adalah penyanyi pop Korea Selatan. Album dan singel BoA dirilis dalam bahasa Korea dan Jepang. Selain fasih dalam kedua bahasa tersebut, BoA lancar berbahasa Inggris dan sedang mempelajari bahasa Mandarin. BoA pernah berkolaborasi dengan artis-artis seperti Mondo Grosso, Westlife, Palm Drive, m-flo, Soul’d Out, dan Howie Dorough dari Backstreet Boys.

BoA pernah datang ke Indonesia dan tampil dalam Anugerah Musik Indonesia (AMI) Samsung Award 2004. Album BoA diproduksi dan dirilis di Indonesia oleh Indo Semar Sakti.

Pada 14 Oktober 2008, dibawah label SM Entertainment USA, subdivisi dari SM Entertainment, BoA tampil di Amerika Serikat dengan singel “Eat You Up” dan merilis album bahasa Inggris pertamanya, BoA pada tanggal 17 Maret 2009.

Album kompilasi Best of Soul menjadikan BoA sebagai penyanyi Asia non-Jepang pertama yang albumnya laku lebih dari satu juta keping di Jepang. Semua album yang dirilis di Jepang (5 album studio dan 1 album kompilasi) berhasil menempati urutan nomor satu tangga album Oricon.

Singel perdana hingga Listen to My Heart

Debut BoA sebagai artis rekaman dimulai ketika berusia 14 tahun. Album perdana  yang dirilis 25 Agustus 2000 laku hampir 375 ribu keping, dan masuk di peringkat Top 10 tangga lagu Korea Selatan. BoA memenangi penghargaan Artis Wanita Pendatang Baru Terbaik dalam Mnet KM Music Festival tahun 2000. Bulan berikutnya, BoA sudah memiliki klub penggemar bernama Jumping BoA. Sementara itu, label rekaman yang menanganinya di Korea Selatan (SM Entertainment) bekerja sama dengan Avex Trax untuk meluncurkan karier BoA di Jepang.

Di Jepang, pertunjukan pertama BoA pertama berlangsung 7 Maret 2001 di Velfarre Hall. BoA membawakan tiga buah lagu dalam tiga bahasa, “ID; Peace B” (bahasa Jepang), “SARA” (bahasa Korea), dan “Don’t start now” (bahasa Inggris). Selanjutnya, album mini pertama Jumping into the World dirilis di Korea, 5 Mei 2001.

Setelah menandatangani kontrak dengan avex, BoA memulai debutnya di Jepang. Pada 30 Mei 2001, versi bahasa Jepang untuk singel “ID; Peace B” dirilis di Jepang, dan sampai di urutan ke-17 tangga singel Oricon.Sejak itu pula BoA mulai sering bolak-balik Korea-Jepang. Singel pertama diikuti singel kedua dan ketiga hingga akhir tahun 2001, “Amazing Kiss” (posisi 16) dan “Kimochi wa tsutawaru” (posisi 11). Singel “the meaning of peace” merupakan hasil duet dengan Kumi Koda untuk mengenang korban Serangan 11 September 2001. Di tangga singel Oricon, “the meaning of peace” sampai di anak tangga ke-7.

Pada 17 Januari 2002, BoA merilis singel ke-4, “Listen to My Heart” yang mencuatkan nama BoA di Jepang. Setelah dirilis, singel ini langsung duduk di posisi ke-5, dan naik ke posisi ke-3. Dua bulan kemudian (13 Maret 2002), BoA merilis album perdana di Jepang, Listen To My Heart, dan sukses di urutan nomor satu tangga album Oricon. Album tersebut bahkan bertahan di tangga album selama 91 minggu, dan laku lebih dari 1 juta keping di Jepang. Bersamaan dengan dirilisnya album Listen To My Heart, BoA juga merilis singel ke-5 “Every Heart -minna no kimochi-“. Singel tersebut dijadikan lagu penutup serial anime Inuyasha, dan sempat berada di urutan ke-10 Oricon.

Bulan berikutnya (13 April 2002), BoA merilis album No.1 yang merupakan album studio kedua di Korea. Hingga kini, No.1 masih merupakan album berbahasa Korea tersukses bagi BoA, dan terjual lebih dari 650 ribu keping. Namun di Jepang, album No.1 terhenti di peringkat 15 Oricon. Dari akhir bulan Juli 2002, BoA mengikuti konser musim panas a-nation bersama artis avex lainnya.

Sebelum merilis album berbahasa Jepang yang kedua, BoA terus merilis singel baru termasuk versi bahasa Jepang “Don’t start now” (29 Mei 2002) dan “Valenti” (28 Agustus 2002). Lagu “Don’t Start Now” sebelumnya ada dalam album Jumping into the World yang diedarkan di Korea. Singel “Don’t Start Now” sampai di urutan ke-17, sedangkan “Valenti” di urutan ke-2 tangga Oricon dan laku lebih dari 200 ribu keping. Kesuksesan “Valenti” diikuti dua singel lainnya, “Kiseki / No.1”, dan “Jewel Song / Beside You -boku wo yobu koe-” yang keduanya sampai di urutan ke-3 Oricon.

BoA berduet dengan Westlife dalam lagu “Flying Without Wings” untuk album remix BoA Next World. Mini album kedua, Miracle dirilis di Korea (September 2002), dan laku sekitar 327 ribu keping. Dalam Festival Video Musik Mnet yang diadakan 29 November 2002, BoA memenangi penghargaan Video Musik Terpopuler dan Video Musik Terbaik kategori Musik Tari. Selain itu, dua buah penghargaan diraih BoA dalam Penghargaan Musik Korea 2002 yang diadakan KMTV. Penghargaan Piringan Emas juga didapat BoA dari Japan Record Award, 13 Desember 2002. Lagu “Valenti” dibawakan BoA ketika tampil untuk pertama kalinya dalam Kōhaku Uta Gassen, 31 Desember 2002.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: